Ramadhan Bulan Mulia

gambar-ramadhan-greenDalam satu tahun dalam penaggalan hijriyah terdapat bulan yang kedatangannya ditunggu-tunggu karena di dalamnya terdapat berbagai keutamaan dan memberi berkah terhadap umat manusia. Bulan itu adalah bulan Ramadhan.

Orang biasanya menyebutnya sebagai Ramadhan Karim atau bulan Ramadhan yang mulia. Benarlah dikatakan seperti itu karena kemuliaan bulan Ramadhan dan keutamaan Ramadhan tidak ada di bulan lainnya.

Ramadhan adalah bulan ke-10 dalam hijriyah dan termasuk bulan yang haram (bulan yang mulia selain dari bulan Muharram, Zulqa’dah dan Zulhijjah).

Ramadhan merupakan bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa dimulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Dalam berpuasa ini umat Islam dilatih untuk berempati dan meningkatkan jiwa sosial sehingga saudara yang kurang berkecukupan bisa merasakan kebahagiaan juga seperti kebanyakan orang menikmati berpuasa dan berbuka.

Dalam sahur dan berbukanya orang Islam terdapat keberkahan dalam kehidupannya. Makanya seseorang yang berpuasa dianjurkan bersahur terlebih dahulu agar bisa kuat dalam menahan lapar dan haus di siang hari dan jika waktu Maghrib sampai dianjurkan untuk berbuka puasa, justru yang melambatkan puasa termasuk makruh (dibenci) dalam Islam.

Pada 10 malam hari terakhir di bulan Ramadhan, Allah memberikan ganjaran pahala yang lebih besar dan kemuliaan. Terdapat malam Lailatul Qadar atau malam kemuliaan yang nilainya orang beribadah di malam itu adalah lebih baik dari seribu bulan atau kurang lebih 84 tahun.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s