Keseimbangan Hidup Melahirkan Kebahagiaan

hidup-seimbangDalam kehidupan yang kita alami di dunia, ada berbagai situasi yang dirasakan dimana ada tangis dan tawa, sedih dan gembira, benci dan suka, dan berbagai hal lainnya. Semua itu bisa dimaknai negatif dan positif bahkan juga sebaliknya.

Dengan adanya sesuatu yang bisa dirasakan, manusia lebih berkembang dalam kehidupan. Manusia akan mengembangkan dirinya untuk bisa merasakan hal yang menyenangkan.

Kesenangan dalam diri manusia akan melahirkan kebahagiaan. Salah satu tujuan manusia di dunia ini merasakan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Antara bahagia dunia dan akhirat tergantung sejauhmana manusia memanfaatkan potensi dirinya untuk bisa mencapai kebahagiaan yang diinginkan.

Untuk mencapai kebahagiaan itu yang diperlukan keseimbangan hidup. Dengan menyesuaikan diri dengan kemampuan, maka hidup bisa lebih seimbang antara keinginan dan sesuatu yang ingin dicapai.

Sejarah memberikan pengalaman dari seseorang yang bisa menyeimbangkan kehidupannya, maka orang itu termasuk dalam golongan orang-orang sukses yang tidak cuma kaya tapi bisa menikmati hasil dari usahanya maka orang itu bisa kita sebut orang bahagia. Tetapi, ada juga orang kaya nampak sukses tapi tidak bisa menikmati hasil jerih payahnya maka orang itu termasuk dalam golongan orang yang tidak bahagia.

Dari uraian di atas, bisa kita maknai bahwa orang bahagia tidak selalu kaya, begitupun orang yang sederhana tidak selalu susah justru kehidupannya bahagia karena mensyukuri yang dimilikinya maka orang sederhana itu hidup akan berbahagia.

Kembali pada keseimbangan hidup manusia di dunia ini, kesadaran manusia untuk bisa mengatur kehidupannya di masa muda akan menghantarkannya pada hidup yang seimbang karena bisa menyeimbangkan pendapatan dengan pengeluaran sehingga hidup lebih terarah, hidup yang terarah akan melahirkan kebahagiaan.

Jika manusia terlambat dalam mengatur kehidupannya maka yang dirasakannya tentu akan kurang terus karena antara pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang, akibatnya kehidupannya rawan terhadap sikap negatif dan bisa merugikan dirinya sendiri.

Pengaturan kehidupan dengan menyeimbangkan dirinya akan membuat diri lebih positif dalam berpikir dan bertindak, meningkatkan potensi diri, mengembangkan kemampuan dirinya ke arah yang lebih baik untuk bisa menikmati hasil di masa depannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s