Pikiran Sehat Meningkatkan Semangat Hidup

pikiran sehatManusia diberi Tuhan otak untuk berpikir dan harus digunakan dalam berpikir yang bisa mengembangkan diri dan memberi manfaat dalam membantu orang lain.

Manusia sebagai makhluk sosial, maka pikiran manusia akan berpengaruh dalam situasi sosial kemasyarakatan. Jika otak tidak diasah atau cuma didiamkan saja, maka pikiran tidak akan berkembang seperti yang diamanatkan Tuhan yang telah memberi amanah otak dalam salah satu organ manusia sebagi ciptaan Tuhan yang unik dan sempurna dibandingkan makhluk yang lainnya.

Proses pendidikan sedikit banyaknya salah satu yang mempunyai peran penting dalam membentuk pikiran sehingga otak bisa berkembang sesuai minat dan keinginannya. Dalam pendidikan otak diarahkan untuk berpikir yang runtut atau terstruktur sehingga cara berpikir otak akan sistematis.

Adapun dalam dunia nyata, cara berpikir sistematis tidak selalu digunakan dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu, para pakar yang meneliti tentang fungsi otak membagi otak menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri.

Otak kanan digambarkan berpikir secara sistematis dan otak kiri digambarkan berpikir dengan kreatif. Kedua peran otak ini harus berjalan seimbang agar kehidupan manusia lebih terarah dan kreatif dalam menjalani hidup dan kehidupan ini.

Pikiran yang dikembangkan dari aspek-aspek positif akan memberi respon yang baik dalam pola berpikirnya, seperti kalau melihat makanan maka cara makannya menggunakan tangan kanan, atau kalau melihat sampah yang berserakan maka otak akan berpikir agar sampah itu dibersihkan dan contoh-contoh lain yang memberi dampak positif dalam kehidupan.

Contoh-contoh di atas merupakan indikasi cara berpikir sehat karena otak terlatih melakukan hal positif, oleh sebab itu jika ingin hidup bahagia pikiran harus terbiasa positif dan melakukan hal-hal yang baik.

Memang sederhana yang dilakukan pikiran mengarahkan diri untuk melakukan hal yang baik, tetapi ternyata kebiasaan dari berpikir itu merupakan cara berpikir sehat dan dampaknya jika terbisa dilakukan sejak kecil hingga dewasa maka kehidupan lebih nyaman, tenang, tentram dan nilai-nilai positif akan datang dari pembiasaan itu.

Semangat hidup akan semakin kuat untuk melakukan kebaikan, hal yang bermanfaat, mengisi kehidupan dengan nilai positif dan juga hidup lebih berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s