Ini Lima Tren Teknologi 2016

400883_620Tak bisa disangkal teknologi berkembang terus seiring kemajuan zaman. Inovasi dari ilmuwan menambah daftar panjang teknologi baru tersebut. Sepanjang 2015 saja, ada ratusan teknologi dan perangkat elektronik baru yang diciptakan. Bagaimana tahun depan? Tentunya persaingan akan semakin ketat, mengingat penggunaan teknologi menjadi sebuah prestise tersendiri dan efisien.

Berikut lima tren teknologi yang akan booming tahun 2016. Daftar di bawah ini dikumpulkan dari berbagai laman situs teknologi dan sains terkemuka dunia, seperti Live Science, Science Daily, Mashable, dan Popular Science.
1. Smart Car
Mobil “tanpa sopir” ini mulai menjadi populer menjelang akhir 2015. Produsen teknologi besar seperti Google dan Apple mulai berlomba mengembangkan teknologi mobil pintar yang rencananya tak akan dilengkapi dengan kemudi manual ini. Saat ini, pengembangan mobil pintar sedang mencapai tahap pengujian keamanan.

Sistem operasinya berbekal navigasi semacam Google Maps. Kita hanya perlu menyebutkan tujuan, mobil pun akan berjalan sendiri ke tempat tujuan. Smart car tampaknya akan menjadi salah satu tren teknologi tahun mendatang.

2. Motion Sensor
Beberapa vendor teknologi saat ini mulai mengembangkan teknologi motion sensor. Yakni, sistem teknologi berbasiskan gerak tubuh manusia. Artinya, kita bisa menyalakan televisi, ponsel pintar, ataupun pendingin ruangan tanpa menyentuh benda-benda tersebut. Sistem teknologi ini mulanya hanya muncul di film-film dan bacaan bergenre science fiction.

3. Robot Asisten Pribadi Manusia
Perkembangan teknologi robot sepanjang 2015 mencapai tahap yang luar biasa. Asimo, robot ciptaan Honda, misalnya. Robot ini sudah bisa bergerak sendiri, khususnya pada bagian tangan dan jari, serta dapat berbicara layaknya manusia. Asimo bergerak berdasarkan sistem pengenalan suara. Ke depan, banyak pakar yang memprediksi robot akan bisa menjadi pelayan pribadi manusia.

4. Berbagi Uang Tinggak Klik
Dengan adanya e-banking, tahun depan tampaknya sistem transaksi manusia sudah mulai berkurang. Tak sampai dua menit kita dapat melakukan transfer ataupun menerima uang dengan mudah. Pada 2016, bukan tak mungkin sistem aplikasi berbagi uang kian marak diciptakan. Snapcash, misalnya, yang rencananya akan rilis tahun mendatang.

5. Semua Berawal dari Ponsel Pintar
Gojek, SayTaxi, Grabbike, dan Uber adalah beberapa contoh kemudahan transportasi angkutan umum lewat ponsel pintar. Bukan tak mungkin pada 2016 akan kian bermunculan aplikasi semacamnya. Bahkan, banyak pakar teknologi yang memprediksi semua aspek kehidupan akan dihubungkan melalui aplikasi ponsel pintar.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s