Kesabaran Itu Ilmu Yang Langka

Di dunia ini manusia tentu tak terlepas dari namanya masalah. Masalah bisa datang kapan saja, di mana saja dan dari mana saja. Hal ini tak bisa dihindari tapi kadangkala sering bisa dicegah. Apapun profesi kita jika mengalami dan bertemu dengan masalah, kita akan terpancing emosi sehingga tidak bisa berpikir tenang lagi dalam menyelesaikan serta menghadapi masalah itu.

Manusia fitrahnya hidup di dunia ini ingin menjalani kehidupan dengan bahagia dan menyenangkan, tapi manusia juga harus menyadari hidup ini sangat dinamis. Di dunia ada namanya suka dan duka, manis dan pahit, sayang dan benci, kaya dan miskin dan begitu seterusnya.

Jika kita sebagai manusia cuma berpikir jangka pendek maka hati dan pikiran kita akan tertutup untuk sadar sesuatu yang terjadi di dunia tak selamanya sesuai dengan yang kita inginkan.

Kalau sudah seperti itu, apa solusi dan jawaban untuk menghadapinya??? Jawabannya adalah sabar. Satu kata yang sederhana tapi sangat padat akan makna dan bisa berkembang menjadi sesuatu kekuatan dalam diri manusia untuk memperbaiki dan menyelesaikan yang tak sesuai dengan keinginan manusia jika penempatannya tepat, benar dan sesuai kondisin serta situasinya.

Kata tunggal sabar, bisa dimaknai suasana hati yang bisa menahan dorongan emosi yang tak terkontrol agar lebih tenang dan efeknya bisa memunculkan pikiran positif untuk menghadapi dihadapannya itu dengan baik.

Jika sudah mendapatkan awalan ke- dan akhiran -an dalam ejaan Bahasa Indonesia maka akan lebih luas lagi maknanya sesuai dengan situasi dan kondisi yang melatarbelakanginya. Kesabaran bisa dipelajari dari ketekunan untuk berpikir yang positif agar emosi yang tak terkendali bisa ditekan dan dikendalikan.

Apabila manusia tidak memiliki kesabaran, apabila terjadi sesuatu yang membuat emosinya meluap-luap, bisa jadi tindakannya justru menghantarkan dirinya ke gerbang kegagalan, kemunduran, bahkan kalau dalam bisnis bisa bangkrut. Kesabaran tidak bisa dinamakan dengan lemah atau pengecut, orang yang bersabar adalah orang yang termakan dengan pancingan yang membuat emosinya naik sehingga bertindak salah yang justru merugikan dirinya apalagi orang lain.Jadi, sangat perlu diperhatikan kesabaran merupakan suatu pengetahuan yang bisa dipelajari dan akan berkembang sesuai lingkungan yang membentuknya.

Contoh yang nyata ketika dalam pertempuran, para pimpinan masukan masing-masing kalau tidak berpikir yang tepat dan sabar dalam tindakannya justru bisa membuat kesalahan sehingga tentara bisa berguguran, itulah namanya dalam peperangan memerlukan strategi. Strategi dalam perang tak bisa dilepaskan dari namanya adanya kesabaran di dalamnya.

Pengetahuan dalam kesabaran ini memang tak dipelajari dalam pendidikan formal, tapi guru seharusnya mengarahkan anak didiknya di sekolahan mulai dari tingkatan dasar hingga tingkat atas agar kesabaran yang tertanam di dalam dirinya agar membuat mereka tak sembarangan dalam meluapkan emosinya yang tak berguna pada tempat yang salah. Karena sabar bukan berarti harus diartikan lemah seperti yang telah penulis tegaskan dalam bagian atas tulisan ini.

Akhirnya, sabar atau kesabaran merupakan pengetahuan yang harus ada dalam diri siapapun dalam arti agar pikirannya lebih tenang dalam bertindak dan tak terpancing emosinya sendiri sehingga hasil yang diinginkannya tidak sesuai harapan.

Salam Sabar🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s