Harapan dan Keinginan Perlu Dimiliki Manusia

Tak ada manusia yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Manusia memerlukan bantuan orang lain. Keperluan itu fitrah bagi manusia sebagai hamba Tuhan yang memeliki kekurangan dan selalu membutuhkan orang lain dalam berbagai keperluannya.

Pola hidup semakin tak terbendung dengan berbagai kebutuhan yang ditandai juga dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia itu sendiri. Pada zaman dulu kebanyakan orang mungkin masih bisa menahan hasrat keinginannya dalam berbagai keperluan, tetapi sekarang sangat bertolak belakang.

Munculnya keinginan karena merasa butuh sesuatu, oleh karena itu manusia dengan segala daya upayanya untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Dari keinginan itu muncul harapan agar kebutuhannya bisa terpuaskan. Rasa puas itu tiap orang berbeda-beda dikarenakan harapan orang yang satu dengan yang lain juga berbeda. Ada yang mengharapkan keinginannya bisa tercapai cukup sedikit, tapi dengan itu dia sudah bisa sangat merasa bersyukur. Sedangkan yang lain berharap agar keinginannya tercapai harus mendapat banyak agar dia meluapkan rasa puasnya dengan berbagai macam kegiatan.

Harapan dan keinginan bisa menjadi satu kesatuan, tergantung darimana memandang sudut ukurnya. Tapi, pada prinsipnya keinginan dan harapan harus disadari oleh manusia, karena lebih sadar dengan fitrahnya memerlukan sesuatu dan agar bisa mencapai yang diinginkannya.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s