Sejarah Huruf MZ di Belakang Nama KH Zainuddin

JAKARTA – Kiai kondang KH Zainuddin MZ kini telah tiada. Tak banyak yang tahu nama aslinya adalah Zainuddin Hamidi, bukan Zainuddin MZ. Lantas bagaimana cerita awal Zainuddin memakai huruf MZ di belakang namanya?

Banyak orang menilai huruf MZ adalah kepanjangan Muhammad Zein, tapi hal itu dibantah oleh anak pertama almarhum, Fikri Haikal.

“Singkatan MZ itu adalah nama orangtua beliau. Nama Engkong, Turmuzi, kalau di Betawi dipanggil Mizi. Nah kalau nama Nyai, Zainabun. Jadi disambung jadi MZ,” ujarnya di rumah duka, Rabu (6/7/2011).

Fikri menambahkan, nama asli KH Zainuddin MZ adalah Zainuddin Hamidi. “Di akta kelahiran, nama beliau Zainuddin Hamidi dan nama MZ dari beliau sekolah sudah dipakai,” tambahnya.

Namun, Fikri sangat bangga terhadap orangtuanya yang memakai nama kakek dan neneknya di akhir namannya. “Bukti kecintaan beliau terhadap orangtua, pengambilan nama MZ (Mizi dan Zainabun) penghormatan beliau terhadap orangtua,” tandasnya.

KH Zainuddin MZ tutup usia 60 tahun. Lahir di Jakarta sebagai anak tunggal, buah cinta pasangan Turmudzi dan Zainabun dari keluarga Betawi asli. Masyarakat mulai mengenal ceramah-ceramahnya melalui kaset yang didengar berbagai lapisan masyarakat. Kebiasaannya membanyol dan mendongeng sejak kecil terus berkembang hingga mengantarkannya menjadi Dai Sejuta Umat.

Sejak kecil Zainudin sering berpidato saat masuk Madrasah Tsanawiyah hingga tamat Aliyah di Darul Ma’arif, Jakarta.

Zainuddin sempat berkecimpung di dunia politik pada 1977. Dia pernah bergabung di PPP. Kemudian juga pernah menjadi Ketua Umum Partai Bintang Reformasi, kemudian di Gerindra. Alumni IAIN Sarif Hidayatullah itu menyandang gelar doktor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia.
(ful)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s