Ilmuwan Temukan ‘Senjata’ Pemurni Air Dunia

Ilmuwan Australia mengaku berhasil menemukan ‘senjata’ ampuh untuk memurnikan air minum di dunia. ‘Senjata’ ini lima kali lebih efisiesn memurnikan air dunia. Apa itu?

Ilmuwan Australia mengatakan, pasir biasa bisa digunakan memurnikan air minum di seluruh dunia. Menariknya, ilmuwan mengaku, pasir biasa bisa diubah menjadi ‘pasir super’ yang memiliki kemampuan lima kali lipat lebih efisien dalam memurnikan air minum dunia.

Hasil riset yang diterbitkan di Applied Materials & Interfaces ini menyatakan, pasir bisa menjadi solusi murah di negara berkembang tempat miliaran orang kekurangan air minum bersih. Pasir telah lama digunakan sebagai pemurni air selama lebih dari enam ribu tahun.

World Health Organization (WHO) sendiri menggalakkan penggunaan pasir untuk tujuan ini. Peneliti Mainak Majumder dan rekannya pun meneliti grafit oksida dan menemukan, materi ini bisa digunakan meningkatkan kemampuan filtrasi pasir dengan efisien.

Bulir pasir yang dilapisi grafit oksida menghasilkan ‘pasir super’ yang mampu menghilangkan merkuri dan kontaminan lain pada air. Sementara pasir biasa tercemar merkuri setelah 10 menit filtrasi, pasir super mampu menyerap besi berat itu selama lebih dari 50 menit.

“Kemampuan filtrasi pasir super bisa disandingkan karbon yang telah teraktivasi yang dijual secara komersil. Menguntungkannya, biaya yang dibutuhkan membuat pasir super tak mahal,” tutup ilmuwan.

 

sumber : inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s