Microsoft : Hitung Mundur Kepunahan Internet Explorer 6 (IE6)

10 tahun memang bukan waktu yang sebentar, tapi dengan waktu selama itu Internet Explorer 6 atau yang lebih sering kita sebut IE6, sudah pernah merasakan menjadi browser paling populer di dunia. Tapi itu dulu, kini bahkan pihak Microsoft pun berusaha keras untuk mengantarkan IE6 ke masa-masa pensiunnya.

Bahkan kepunahan ini bisa Anda pantau langsung dari website ie6countdown.com, dimana kita dapat memonitoring langsung penggunaan IE6 di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kini masih ada setidaknya 3,3% pengguna IE6. Pihak Microsoft kini sedang berusaha untuk membuat pengguna internet meninggalkan IE6 atau setidaknya angka persentase penggunaan IE6 mencapai 1% saja. Tentunya kepunahan ini disebabkan oleh akan segera lahir browser baru Internet Explorer 9 (IE9) yang lebih mumpuni untuk digunakan mengakses website generasi modern saat ini.

Pihak Microsoft berpesan : IE6 adalah browser yang hebat, untuk saat itu, tetapi kini sudah usang dan sudah saatnya bagi pengguna internet di seluruh dunia untuk merangkul browser dengan kemampuan mendukung standar web modern.

“Sekarang ini tahun 2011, IE6 secara resmi telah berusia 10 tahun. Menurut Net Applications, IE6 kini hanya tinggal 12% saja penggunaannya di seluruh dunia,” ungkap Roger Capriotti, bagian marketing produk Internet Explorer.

“Tujuan kami adalah untuk membuat penggunaannya menurun hingga 1% saja. Kenapa 1%? Kami sadar bahwa tidak mungkin angka ajaib (0%) akan bisa diraih sementara para web developer masih memberikan dukungan kepada browser lama, kami percaya bahwa angka 1% ini akan memungkinkan banyak web developer untuk mulai mengalihkan prioritas IE6 ketika sedang membuat website. Artinya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berpusing-pusing ria berusaha agar website Anda kompatibel dengan IE6.”

Ie6countdown.com saat ini diupdate setiap bulannya. Khusus untuk pengguna sistem operasi Windows Vista SP2 dan Windows 7, tampaknya Anda harus mulai pindah menggunakan IE9, karena tak lama lagi IE 9 Release Candidate (RC) akan mulai tersedia untuk diunduh.

Capriotti menekankan kalau pihak Microsoft kini lebih mengedepankan pandangan bahwa dunia menjadi lebih baik tanpa kehadiran IE6 dan proyek IE6 Countdown sendiri merupakan salah satu ilustrasi saja.

“Kami tau bahwa pengguna IE6 sebagai browser lama ini adalah karena di tempat kerja mereka. Kami telah mengumpulkan beberapa sumber daya untuk membantu memahami nilai bisnis dari kepunahan IE6 dan memberikan mereka proses transisi ke browser yang baru. Dengan bantuan ie6countdown.com, kami sangat mengharapkan bantuan para web developer di seluruh dunia untuk menyebarkan berita baik ini yaitu dengan menempatkan sebuah banner yang bisa dipasang di websitenya sehingga para pengguna IE6 dapat mengetahui hal ini.” papar Capriotti lagi.

Ingin mengupgrade browser IE lama Anda? Silahkan unduh IE9 RC di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s